Powered By Blogger

Monday, November 30, 2009

RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : XII/1

Pertemuan ke : 1

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

Standar Kompetensi

Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar

Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative

Indikator

  1. Memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
  2. Menentukan pesan dalam cerita

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
  2. Siswa dapat menentukan pesan dalam cerita.

Materi Pokok

Wacana monolog berbentuk narrative, misalnya:

The Goose with the Golden Eggs

One day a countryman was going to the nest and found there was an egg all yellow and glittering. When he took it up, it was as heavy as lead and he was going to throw it away, because he thought a trick had been played upon him. But he took it home on a second thought, and soon found to his delight that it was an egg of pure gold. Every morning the same thing occurred and he soon became rich by selling its eggs. As he grew rich, he grew greedy and thought to get at once all the gold the goose could give. He killed the ggose and opened it: only to find nothing.

Metode Pembelajaran/Teknik:

Three-phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan

1. Kegiatan Awal (5’)

Siswa bertanya jawab mengenai gambar dalam buku teks.

2. Kegiatan Inti (35’)

§ Siswa mendengarkan teks lisan narrative secara klasikal sambil melengkapinya.

§ Siswa merespons isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosa kata.

§ Secara berpasangan siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan tentang teks narrative yang baru saja mereka dengarkan, termasuk menentukan pesan dalam cerita dan action verbs yang digunakan dalam teks.

§ Siswa mengemukakan pendapat berkaitan dengan teks tersebut.

3. Kegiatan Akhir (5’)

Siswa membuat kesimpulan tentang pesan dalam cerita.

Sumber/Alat/Bahan

  • Buku Look Ahead 3
  • Kaset/CD
  • Tape
  • Script dari buku Look Ahead 3

Penilaian

  • Teknik: Lisan, tertulis
  • Bentuk: Menjawab pertanyaan

Mengetahui …………………,….

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________________ __________________

NIP. NIP.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : XII/1

Pertemuan ke : 2

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

Standar Kompetensi

  1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
  2. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar

  1. Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berjanji
  2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berjanji

Indikator

  1. Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji
  2. Merespons tindak tutur berjanji
  3. Menggunakan tindak tutur berjanji

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji
  2. Siswa dapat merespons tindak tutur berjanji
  3. Siswa dapat menggunakan tindak tutur berjanji

Materi Pokok

Percakapan yang di dalamnya terdapat tindak tutur berjanji, misalnya

A: Is that a promise?

B: It’s a promise.

Metode Pembelajaran/Teknik:

Three-phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan

  1. Kegiatan Awal (5’)

§ Siswa memerhatikan gambar dan percakapan yang ada dalam teks.

§ Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gambar dan percakapan yang baru saja mereka baca.

  1. Kegiatan Inti (35’)

§ Siswa mendengarkan rekaman dari kaset secara klasikal tentang cara meminta seseorang berjanji sekaligus memberikan berjanji.

§ Siswa mendengarkan rekaman dari kaset secara klasikal yang bersisi percakapan tentang cara meminta orang berjanji sekaligus memberikan berjanji.

§ Siswa menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan percakapan yang baru saja mereka dengarkan.

§ Secara berpasangan siswa mempraktikkan cara meminta orang berjanji sekaligus memberikan janji berdasarkan situasi yang telah diberikan.

  1. Kegiatan Akhir (5’)

§ Siswa membuat kesimpulan tentang cara meminta dan memberikan janji.

§ Siswa mendapatkan feedback dari guru.

Sumber/Alat/Bahan

  • Buku Look Ahead 3
  • Kaset/CD
  • Tape

Penilaian

  • Teknik: Lisan, Performance assessment
  • Bentuk: Menjawab pertanyaan, bernain peran

Mengetahui …………………,….

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________________ __________________

NIP. NIP.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : XII/1

Pertemuan ke : 3

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

Standar Kompetensi

  1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
  2. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar

  1. Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
  2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan keingintahuan dan hasrat

Indikator

  1. Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
  2. Merespons tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
  3. Menggunakan tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat.
  2. Siswa dapat merespons tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
  3. Siswa dapat menggunakan tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat

Materi Pokok

Percakapan yang di dalamnya terdapat tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, misalnya:

A: What are you thinking about?

B: I wonder at her rudeness.

Metode Pembelajaran/Teknik:

Three-phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan

  1. Kegiatan Awal (5’)

Siswa bertanya jawab tentang situasi di mana mereka biasanya menanyakan perasaan dan mengungkapkan keingintahuan dan hasrat

  1. Kegiatan Inti (35’)

§ Siswa mendengarkan rekaman dari kaset secara klasikal tentang cara menanyakan perasaan dan mengungkapkan keingintahuan dan hasrat.

§ Siswa mendengarkan rekaman dari kaset secara klasikal yang berisi percakapan tentang cara menanyakan perasaan dan mengungkapkan keingintahuan dan hasrat sambil melengkapi percakapan tersebut.

§ Siswa menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan percakapan yang baru saja mereka dengarkan.

§ Secara berpasangan siswa membuat percakapan serupa dengan percakapan yang baru saja mereka dengar berdasarkan situasi yang telah ditentukan.

§ Secara berpasangan siswa menampilkan percakapan yang telah mereka buat di depan kelas.

  1. Kegiatan Akhir (5’)

§ Siswa membuat kesimpulan tentang cara menanyakan perasaan dan mengungkapkan keingintahuan dan hasrat.

§ Siswa mendapatkan feedback dari guru.

Sumber/Alat/Bahan

§ Buku Look Ahead 3

§ Kaset/CD

§ Tape

Penilaian

  • Teknik: Lisan, Performance assessment
  • Bentuk: Menjawab pertanyaan, bernain peran

Mengetahui …………………,….

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________________ __________________

NIP. NIP.


No comments:

Post a Comment